Home » » ANTARA KEWAJIBAN & INDAHNYA KESADARAN DALAM BER-AGAMA

ANTARA KEWAJIBAN & INDAHNYA KESADARAN DALAM BER-AGAMA

Post By KUMPULAN KUNCI JAWABAN LENGKAP on Jumat, 15 Agustus 2014 | 09.14

Tujuan desiplin "wajib pakai helm" dalam berkendaraan roda dua dari pemerintah adalah agar timbul "kesadaran" bagi pemakainya akan pentingnya "kselamatan serta keamanan" bagi dirinya sendiri , juga orang lain.
Sehingga , "kewajiban" itu lama-lama berobah jadi "kesadaran" , kedewasaan dan ke'arifan berfikir . Alias bukan sikap yang terpaksa . 

Nah , begitupun dalam ber-agama .
Segala "syare'at wajib" yang ada di dalamnya adalah mengandung makna esensi yang sama dengan "wajib helm" tsb. Bahkan lebih luas lagi .

Yakni , dari kewajiban yang bersifat individu , berkeluarga/ berswami istri , hingga kewajiban yang bersifat sosial , semuanya bertujuan agar lahir "kesadaran jiwa" untuk berbuat baik , berbudi tinggi dan ber-ahlaq mulia pada sesamanya yang betul-betul di dasari sikap "ihlas" dari dasar hati , alias hanya mengharap ridhaNya semata . Bukan karna terpaksa dan bukan karna "pamrih" pada sesuatu .

Sebab , kesadaran jiwa tuk berbudi pekerti dengan "sikap ihlas" itulah yang mengantarkan manusia menuju "bahagia hakiki nan sejati" , baik di dunia maupun di "alam keabadian" . Inilah potret sikap manusia yang "cinta pada Allah" . Sebab dia telah meneladani ahlaqNya yang tertera dalam "Asma'ul-husna".

Allahu a'lam
Refleksi
By : Hamory
Kudus : 7/8/2014~
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : AL HIKMAH | BERITA TERKINI | AL HIKMAH
Copyright © 2013. AL HIKMAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger