Home » » Momok Raksasa Dunia Islam

Momok Raksasa Dunia Islam

Post By KUMPULAN KUNCI JAWABAN LENGKAP on Minggu, 05 Januari 2014 | 10.06

HIKMAH, Problematika raksasa dunia islam saat ini adlh terletak pada "kejumudan" dan kebukan polapikir ummatnya dalam memahani kalimat: "taatber-agama".

Taat ber-agama , slama ini hanya dipahami sebatas taat beribadah pada tataran ritual formal saja(ibadah individual) . Sementara ibadah sosial yg justru menjadi "puncak" dakian dalam ber-agama cenderung banyak di abaikan .

Maka ,sindiran Allah sangat tajam dalam Qs alma'un , ttg orang2 yg abai terhadap ahlaq sosial(ibadah sosial). akibat dari kejumudan ini, lahirlah manusia2 buta dan tuli hati. Mereka rajin shalat, umroh tiap tahun, tapi kesehariannya berkubang dg maksiat. Korupsi dan suap jg rajin, menebar fitnah, saling menjegal antar sesama dalam ber-ekonomi, politik dll, layaknya kehidupan mahluq liar dirimba raya.

Tidak malu dg negara2 non muslim yg relatif jauh lbh baik ahlaq sosialnya, semisal jepang, denmark, mereka dalam pemrintahan lebih bisa jujur dan kredibel dan bisa menekan angka korupsi dg optmal .

Padahal? secara gamblang pada Qs alma'idah ayat 3 di penggalan ahir Allah menjelskan tentang bagaimana esensi ber-agama yg benar2 di ridhaiNya .

Untuk memahaminya ,tentu musti membuka kembali lembaran sejarah tata sosial sejak periode makah yg masih sarat dg aroma jahiliyyah, hingga periode madinah dengan atmosfer tata sosial yg tlah mapan dalam balutan kemajmukan dan pluralitas ummat.

Seorang Ibnu taimiyah pernah berfatwa: Allah menolong negara yg berke-adilan meski kafir(secular), dan tidak sudi menolong negara yg zalim meski mukmin/muslim ( fatwa : vol 28/p 63)
Allahu a'alm

(Refleksi)
Kudus 15 jan 2014»
By: Hamory Hasan Makmoery
Grup: AL HIKMAH
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : AL HIKMAH | BERITA TERKINI | AL HIKMAH
Copyright © 2013. AL HIKMAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger