Home » » PENYERU KEPADA KESELAMATAN atau PENGANJUR PERMUSUHAN

PENYERU KEPADA KESELAMATAN atau PENGANJUR PERMUSUHAN

Post By KUMPULAN KUNCI JAWABAN LENGKAP on Sabtu, 23 Mei 2015 | 14.18


OLEH :

Da'i artinya orang yang menyeru ke suatu arah. Walau selama ini banyak orang menganggap bahwa istilah "da'i" ini berkonotasi positif (artinya sebagai penyeru ke arah kebikan); namun sebenarnya istilah "da'i" mengandung makna netral, artinya bisa berkonotasi positif, bisa berkonotasi negatif; bisa berati pengajak orang pada kedamaian dan keselamatan, bisa juga bermakna pengajak kepada permusuhan dan kekejian. 

Memang, jika kita tidak menghubungkan dalam sebuah kalimat sempurna dengan menyertakan objek di dalamnya, istilah da'i (penyeru) selalu diartikan positif, sehingga sering disalahgunakan oleh para da'i untuk membodoh-bodohi ummat.

Maka, agar kita tidak terjerumus ke dalam kebodohan yang akan menyebabkan kita memperbuat sesuatu yang akan disesali seumur hidup bahkan sampai di seberang kematian nanti; kita mestilah memperhatikan pernyataan-pernyataan para penyeru tadi, apakah akan mendatangkan ke"seru"an berupa pembakaran dan kerusuhan horizontal, ataukah membangun kebaikan dan ketingian moral dan budaya.

Nah, jika ada sebuah lembaga yang menggunakan istilah da'i yang disispkan dalam nama lembaganya, yang dalam pernyataan-pernyataannya dapat memprovokasi ummat melakukan tindakan brutal terhadap kelompok lain yang tak disenanginya, maka kelompom tersebut sebenarnya adalah "da'i kepada keburukan; atau para penyeru ke neraka"

* catatan seorang ‪#‎ngawurolog‬
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : AL HIKMAH | BERITA TERKINI | AL HIKMAH
Copyright © 2013. AL HIKMAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger