Home » » MANUSIA DAN FITRAHNYA

MANUSIA DAN FITRAHNYA

Post By KUMPULAN KUNCI JAWABAN LENGKAP on Rabu, 19 Februari 2014 | 10.27

HIKMAH, Ketika manusia masih di alam rahim , jiwa terdalamnya telah bersyahadah pada Allah . Yakni mengakui bahwa Tuhan itu hanya Allah . Bisa dilihat di(Qs al-a'rof 172)

Ketika ia lahir ke alam dunia , meski tinggal di lingkungan primitif yg jauh dari informasi agama , seiring dengan usia aqalnya yg tlah mampu berfikir , dalam relung hatinya terdalam terdapat fitrah bahwa ada Yang Maha Besar di balik penciptaan seluruh alam semesta .

Atas dasar ini , maka kita bisa pahami : meski manusia itu berbeda-beda agama dan alirannya , bahkan ateis skalipun , dalam "hati kecilnya terdalam" mengakui adanya Allah . Hanya saja lingkungan agama yg kuat memberi doktrin , hingga corak teologinya menjadi berbeda , yg di ikuti juga dg perbedaan ritual ubudiyahnya .

Akan tetapi sosio-relegiusitasnya yg berupa amal baik yakni : jujur , adil , tanggungjawab, saling hormat dll tetap "sama" dg semua agama yg ada .

Dari sini , maka tidak ada alasan bagi manusia ber-agama untuk mencacimaki , mengintimidasi agama lain dan aliran2nya , termasuk juga SUNNY , SYI'AH , AHMADIYAH , JIL. dll , selama mereka bisa di ajak untuk hidup ber-bangsa , membangun kesejahteraan , kemakmuran ,dan kedamaian bersama menuju peradaban harmony .

Jika seklompok ideologi /aliran keagamaan mengintimidasi aliran lain , ambisi membubarkannya , bahkan hingga menghalalkan darahnya , maka bisa dikategorikan sebagai manusia zalim dan EGOIST yg justru "makin jauh dari Tuhan" . Bisa di sebut manusia yg tlah terjebak olerh ranjau "egoisme beragama" atau merasa paling punya hak hidup di antara aliran keagamaan yg ada .

Allahu a'lam

Refleksi

By : Hamory Hasan Makmoery
Grup: AL HIKMAH

Kudus : 13 feb 2014~
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : AL HIKMAH | BERITA TERKINI | AL HIKMAH
Copyright © 2013. AL HIKMAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger