Home » » CINTA YANG HILANG

CINTA YANG HILANG

Post By KUMPULAN KUNCI JAWABAN LENGKAP on Rabu, 19 Februari 2014 | 10.29

HIKMAH, Kiyakinan agama , jika tak difahami secara matang dan menyeluruh , memang bisa sensitif dan rawan di jadikan instrumen empuk bagi gesekan sosial keagamaan oleh oknum-oknum yg tak bertanggungjawaab. Sehingga, berdampak pada hilangnya "rasa cinta" pada sesama dan semakin menguatnya rasa saling curiga antar klompok agama dan mazhab secara berkepanjangan.

Kuping kita terasa amat gatal dan nyeri, kala mendengar gelombang energi negatif. Yakni, saling mengkafirkan, saling menyesatkan, bahkan "bunuh2an"antar klompok/mazhab. Terutama antara SUNNY, SYI'AH dan AHMADIYAH dalam bentangan negara-ngara moyoritas muslim.

Maka , tema inilah yg seharusnya banyak dikaji dan gulirkan oleh tunas2 muda muslim kemana jua kaki melangkah , tuk mengurai segamblang-gamblangnya.

Sehingga kata "ber-agama" itu benar2 dapat di mengerti dan di fahami secara substansial, yg pada muaranya, fenomena "egoisme beragama" dapat ditekan serendah-rendahnya.

Wawasan kebangsaan /nasionalisme sangat jauh dari jangkauan benak rata2 ummat muslim . Padahal pada {Qs alhujurot 13}, Allah menganjurkan ummat manusia untuk saling kenal antar klompok , qabilah dan bangsa . Tentu untuk mewujudkan kecintaan dan kedamaian.

Kosongnya "perpustakaan diri" dari islamologi secara substansial dan kaffah inilah faktor krusial yg menjadikan dunia islam terpental jauh dari kesejatian perdabannya.

Allahu a'lam

Refleksi

By : Hamory Hasan Makmoery
Grup: AL HIKMAH

Kudus 15 feb 2014~.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : AL HIKMAH | BERITA TERKINI | AL HIKMAH
Copyright © 2013. AL HIKMAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger